2013/01/19

RUMAH SAKIT MODERN GUANGZHOU






“Berapa biaya yang harus disiapkan ?” itu adalah salah satu butir pertanyaan saya waktu konsultasi dengan dokter yang ada di kantor perwakilan rumah sakit Guangzhou di Jakarta. “Kira-kira biaya pengobatan di rumah sakit ditambah biaya tiket pulang pergi 100 juta rupiah “ kata pegawai yang bernama Mindy menerjemahkan keterangan sang dokter. Saya mencoba melirik isteri saya yang duduk bersebelahan. Dalam fikiran saya kalau 100 juta masih mungkinlah karena hasil penjualan mobil Kijang LX kami beberapa minggu yang lalu masih utuh di buku tabungan BNI sekitar  130 juta. “Saya fikir-fikir dulu pak” kata saya melalui mbak Mindy.
Kami meninggalkan ruang konsultasi dokter menuju  ruang tamu yang terletak di bagian depan dan mencoba menggali informasi lebih jauh khususnya soal biaya dari pegawai-pegawai yang ada disitu. Ternyata ancer-ancer biaya rumah sakit kira-kira 80 juta, harga tiket sekitar 10,963 juta pp untuk 2 orang kalau naik Garuda sedang kalau naik Batavia air kira-kira 7,96 juta saja. Belum termasuk ongkos visa yang 540 ribu perorang kalau pengurusan 4 hari sebelumnya, kalau 2 hari sebelumnya 900 ribu dan kalau sehari sebelumnya dikenakan biaya 1,1 juta. “ Kami akan memberi kabar secepatnya apakah jadi atau tidak “ kata saya mengakhiri pertemuan  hari itu. “Jangan lupa dibawa  paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan , fotocopy kartu keluarga 1 lembar, KTP yang masih berlaku beserta fotocopy juga 1 lembar, foto ukuran 4x6 cm latar belakang harus putih tanpa peci atau topi bagi bapak, dan bagi ibu boleh memakai kudung ,masing-masing 2 lembar.

Naik busway di Jakarta pada jam-jam sibuk merupakan siksaan tersendiri, apalagi bagi isteri saya yang berada dalam kondisi sakit dan tidak fit. Belum lagi antrian panjang dan berjubel yang mewarnai setiap pemberhentian. Tetapi syukurlah walaupun penumpang lain harus berdiri dalam bus namun isteri saya selalu saja tidak harus berdiri karena masih ada juga anak muda, utamanya gadis-gadis yang rela memberikan tempat duduknya karena kasihan. Perjalanan pulang  dari Slipi ke kawasan Pulogadung cukup melelahkan dimulai jalan kaki sekitar 300 meter dari tempat konsultasi, menaiki tangga yang cukup tinggi kemudian menurun ke pemberhentian busway. Naik bus kemudian turun di pemberhentian Glodok 2, menaiki tangga yang cukup tinggi lagi dan harus berjalan jauh lewat jembatan melintasi persimpangan jalan raya yang terletak dibawah menuju ke pemberhentian Glodok 1 , antri sekitar 1 jam lebih kemudian naik bus lagi menuju Harmoni, di halte Harmoni antri lagi  lebih dari 1 jam selanjutnya naik bus menuju terminal Pulogadung. Ditengah hiruk pikuk terminal Pulogadung harus berjalan lagi menuju mikrolet no.23 yang route Pulogadung Kali Malang turun di jalan KR Rajiman persis dibawah bentangan kabel sutet, dan setelah membeli makanan di warteg  naik ojek menuju rumah di Kawasan Jatinegara Indah dengan ongkos 5000 rupiah perorang. Yah  cukup melelahkan utamanya bagi orang dalam kondisi sakit.
“Bagaimana pendapatmu tentang hasil kosultasi tadi “ kataku membuka percakapan setelah shalat dan makan siang. “ Kita saja “ kata isteriku yang maksudnya terserah pendapat saya saja. Kata kita biasanya dipakai oleh orang Bugis Makassar sebagai pengganti kata kamu  untuk orang yang dituakan atau dihormati.”Menurut saya lebih baik kita ke Guangzhou saja” kata saya apalagi membayangkan kata-kata dokter Ramadhan di rumah sakit Dharmais yang sangat menusuk hati, ”Pulang saja ke Makassar, berobat saja disana, sama saja kalau disini apalagi dalam kondisi yang sudah stadium 4 seperti ini”. Hati saya merintih melihat sikap dokter yang katanya  sudah senior, apakah tidak ada cara lain lagi yang dapat dilakukan oleh seorang dokter dihadapan pasien dengan keadaan seperti ini, walaupun hanya sekedar menghibur saja. Isteri saya masih ingin meminta kesediaan dokter tersebut lebih lanjut tapi saya segera menutup pembicaraan dengan meminta izin untuk meninggalkan ruang pemeriksaan itu. Hati saya merintih kembali setiap mengenang pertemuan dengan dokter Ramadhan itu rasa kasihan sekali kepada isteri saya, walaupun saya bisa memahami maksudnya bahwa kalau menjalalani kemoterapi di Jakarta lebih repot dibanding kalau menjalani kemoterapi di Makassar  apalagi obat dan perlakuannya sama saja. Tetapi sekali lagi apakah tidak ada cara lain menyampaikannya selain buru-buru mengusir seorang pasien dari hadapan dokter yang terhormat itu. “Lebih baik kita bicara dulu dengan si Fadli mengenai hal ini” kataku mengingat anak kami yang tertua yang mungkin bisa didengar pertimbangannya”.
Saya segera mengirim SMS kepada si Fadli agar segera menelpon karena ibunya mau bicara dan tidak lama kemudian telpon dari Oman sudah bordering.   “Assalamu alaikum bagaimana kabar ? “ terdengar suara dari ujung  telpon. Secara singkat saya ceritakan masalah yang dihadapi sehubungan dengan pengobatan ibunya dan kemungkinan harus ke  Guangzhou yang membutuhkan biaya besar. “Tidak usah fikir soal biaya, Insya Allah saya akan membantu” kembali balasan dari balik telpon.”Syukurlah kalau begitu” kataku menutup pembicaraan.
Singkat cerita, esoknya kami kembali ke Makassar dan selanjutnya ke Barru nengurus segala sesuatu untuk persiapan berangkat ke Guangzhou. Alhamdulillah semua urusan berjalan lancar tidak ada kendala yang berarti sehingga selanjutnya kami dapat segera ke Jakarta dengan Lion air.
Tanggal 8 desember 2011 jam 4.00 subuh taksi blue bird yang dipesan telah stand by di depan rumah di Jatinegara Indah., taksi ini dipesan lewat telpon saja. Rupanya nomor hp ku sudah terekam sebagai pelanggan sehingga setiap memesan taksi blue bird, petugas menanyakan nomor hp maka petugas jaga itu langsung menyebut nama dan alamat dan segera merespon pesanan taksi itu.
Tidak ada kesulitan yang berarti dalam cek in dan pengurusan imigrasi karena semua sudah dipersiapkan sesuai informasi yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Pesawat Batavia air mengudara sekitar lima jam dari Cengkareng menuju Guangzhou dan mendarat dengan mulus di landasan bandara  Baiyun
Udara musim gugur cukup dingin bagi kebanyakan orang Indonesia sehingga mengharuskan untuk memakai jaket yang cukup tebal. Setiba di bandara langsung berjalan menuju petugas Imigrasi yang sudah menanti. Kira-kira ada sekitar delapan loket yang dibuka untuk pendatang dan lima loket untuk warga Negara cina sendiri. Kelihatan arus orang masuk ke Cina lewat Guangzhou cukup ramai terbukti dengan antrian yang cukup lama untuk bisa keluar dari pemeriksaan Imigrasi. Selanjutnya menuju tempat pengambilan bagasi dan seterusnya menuju pintu ke luar. Di pintu keluar sudah menunggu petugas dari RS Modern Guangzhou dengan mengacung-acungkan kertas yang berisi nama isteri saya. Rupanya sudah ada informasi dari perwakilan di Jakarta tentang kedatangan kami sehingga tidak ada kesulitan sama sekali karena sudah tersedia mobil yang akan membawa ke Rumah sakit. Rupanya bukan kami saja yang di jemput,  ada beberapa pasien lain dari Indonesia yang menumpang Batavia air maupun Garuda Indonesia.
Setiba di rumaah sakit bagi pasien pemula akan langsung diarahkan ke pendaftaran pasien internasional dan segera ditempatkan di kamar sesuai pilihan, apakah kamar biasa atau kamar VIP.
Ada 2 macam kamar yang bisa dipilih, kamar biasa atau kamar VIP. Kamar biasa di dilengkapi dengan fasilitas 2 tempat tidur, kulkas, dispencer, televisi dengan remotenya, kursi 1 buah, lemari, brankas, kamar mandi yang punya bak mandi, kloset duduk, cerek listrik, dan  wastafel lengkap dengan cermin.
Tidak lama setelah tiba di kamar rumah sakit maka saya selaku pengantar dimintai informasi tentang penyakit isteri, mulai dari awal ketika dirasakannya penyakit, tindakan-tindakan apa saja yang sudah dilakukan dalam pengobatan penyakit itu. Saya menceritakan kronologi dari penyakit ibu mulai dari adanya benjolan kecil di payudara kiri dengan rasa sedikit nyeri, lalu dibiopsi oleh Dr Randanan seorang ahli kandungan dan ahli kanker yang berpraktek di jalan Mappanyukki kota Makassar dan diambil kesimpulan dugaan adanya kanker, selanjutnya dokter di poli perjanjian RS Wahidin Sudorohusodo Makassar memberi pengantar untuk memeriksa lebih teliti sampel di Laboratorium bagian Patologi Unhas yang selanjutnya menyimpulkan bahwa memang kanker sudah bersarang di Payudara isteri saya.
“Apa nama jenis kanker sesuai pemeriksaan laboratorium ketika itu ?” Tanya penerjamah kepada saya sesuai permintaan dokter yang mengobservasi. Cukup kalang kabut saya karena informasi yang dia minta tidak dapat saya berikan. “ Nanti saya coba cari informasi dari Indonesia tentang hal itu “ kata saya.  Lalu dia minta semua dokumen-dokumen hasil pengobatan ibu yang saya bawa termasuk hasil foto thorax , hasil USG , hasil CT Scan , kartu protrokol kemo , Hasil-hasil pemeriksaan laboratorium dll.
“ Kami akan melakukan segera pemeriksaan ulang, mulai dari ct scan , USG dan pemeriksaan lain kepada isteri anda sebagai langkah awal” kata dokter Cina itu yang diterjemahkan oleh sang penerjamah.    
Rumah sakit modern Guangzhou  beralamat di 42  Lianquan Road kotak pos 510500,Tianhe District kota Guangzhou, sebenarnya tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan rumah-rumah sakit yang ada di Indonesia seperti misalnya rumah sakit Wahidin Sudirohusodo di Makassar atau rumah sakit Dharmais Jakarta. Gedung rumah sakit ini berdiri di atas tanah yang luasnya hanya kurang lebih 1 ha dengan bangunan berlantai 9  yang berbentuk huruf V, salah satu  kaki huruf V itu berdiri dari utara ke selatan sejajar dengan Lianquan road, tanpa halaman depan,  karena teras rumah sakit dimana terletak 2 buah pintu masuk terbuat dari kaca dan selalu terbuka dan tertutup secara otomatis hanya berjarak kira-kira 5 meter dari pinggir jalan. Pantat huruf V terletak di bagian selatan  agak lebar dengan kira-kira 20 meter, kemudian disambung dengan kaki  yang satu lagi  membujur berbatasan dengan sebuah SPBU Militer dibelakangnya. Rumah sakit ini merupakan salah satu rumah sakit yang menjadi tujuan utama masyarakat Indonesia yang ingin berobat ke China terbukti dengan banyaknya pasien yang berasal dari Indonesia. “Empat tingkat di rumah sakit ini yaitu tingkat 3 , 6 , 7 dan 8 rata-rata dihuni oleh pasien-pasien Indonesia “ kata salah seorang petugas penerjemah yang mengantar kami, kelak kami tahu dari hasil informasi bahwa kebanyakan yang berobat ke rumah sakit ini merupakan pasien-pasien kanker  yang sudah divonis kanker dengan stadium lanjut ( 3 dan 4 ). Beberapa diantara mereka juga sudah pernah berobat ke Singapura atau Malaysia selain di tanah air. Contohnya seorang ibu dari Yogya yang sempat ketemu di dapur menceritakan bahwa suaminya yang menderita kanker lidah telah berobat di Yogya, Jakarta, Singapura dan Penang Malaysia. Semua dokter di rumah sakit-rumah sakit tersebut  sepertinya sepakat bahwa pasien ini harus dioperasi dengan resiko bahwa lidahnya harus dipotong, mulut akan kaku dan sehari-hari harus makan dengan makanan yang langsung dimasukkan ke kerongkongan.”Bayangkan saja pak harus seumur hidup menderita seperti itu, suami saya menolak dan kami mencoba berkonsultasi ke rumah sakit ini dan ternyata dokter disini menyanggupi untuk tidak mengoperasi” katanya dengan nada yang sangat optimis. Walaupun belakangan pada pertemuan kami yang terakhir di dapur, beliau kembali lesu dan tak menjawab ketika ditanyakan kemajuan pengobatan suaminya. Menurut informasi bahwa rumah sakit inipun menyarankan untuk operasi lidah. Bagaimana perkembangan selanjutnya? Kami tidak tahu lagi karena kami tidak mampu lagi untuk kembali ke Guangzhou keempat kalinya karena alasan biaya.
 Kedatangan pertama kali cukup lancar, kami dibawa dan ditempatkan di kamar 833 terletak di lantai delapan kemudian disodori daftar menu makanan yang bisa dipesan lewat kantin. Informasi tentang bagaimana makanan selama tinggal di rumah sakit ini  kami sudah dapatkan dari petugas perwakilan rumah sakit ini di Jakarta.” Makanan untuk pasien dan penjaganya tidak disediakan di rumah sakit  tetapi bapak bisa memesan makanan lewat petugas kantin atau memasak sendiri” masih terngiang keterangan petugas di perwakilan itu.” Apa yang dipesan pak ? “ Tanya petugas kantin memecah kesunyian. Saya berpaling kepada isteriku yang turut mengamati nama-nama makanan yang disertai gambarnya yang tertulis di daftar menu. Kami berhati-hati sekali karena sebagai seorang muslim tentu banyak makanan yang tidak halal untuk dimakan. Akhirnya kami sepakat untuk memesan nasi putih 2 piring, ikan  masak satu ekor yang sedang besarnya  dan sepiring sayur brokoli. Kami tidak persoalkan lagi bahwa semua makanan itu dimasak dikuali atau periuk yang tentu saja pernah dipakai untuk memasak makanan yang tidak halal yah anggap saja situasinyadarurat. Hari-hari berikutnya soal makanan tidaklah merupakan masalah yang besar karena diseberang jalan ternyata terdapat pasar yang menjual segala macam keperluan dapur mulai dari beras, sayur-sayuran segar, ikan laut dan ikan tawar, bumbu dapur, buah-buahan dan segala macam kebutuhan dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan Indionesia.
Pelayanan kesehatan di rumah sakit ini standarnya sama dengan rumah sakit di Indonesia dimana  seorang pasien dipertanggung jawabkan oleh seorang suster, seofrang dokter umum dan seorang dokter spesialis. Setiap hari mulai dari pagi-pagi sekali pasien sudah dilayani oleh suster jaga utnuk mengukur tensi, suhu, suntikan atau kegiatan lain sesuai sesuai kebutuhan pasien. Kunjungan setiap hari kecuali hari Sabtu dan Minggu oleh oleh suster secara berkelompok, tidak lama ada lagi  kunjungan dokter secara berkelompok pula. Khusus pada hari Sabtu dan Minggu kunjungan hanya dilakukan oleh dokte Penanggung Jawab ditemani oleh seorang suster dan penerjamah. Pada setiap kunjungan dokter selalu ditanyakan apa saja keluhan pasien, apa yang dirasakan dan selalu memeriksa secara teliti keadaan sang pasien. Setiap hari tak lupa diberikan kuitansi tagihan yang harus dibayar untuk hari sebelumnya.
Pembayaran di rumah sakit ini ditagih setiap hari dan diberi waktu tak lebih dari 2 hari untuk membayarnya. Peraturan pembayaran ditegakkan secara ketat dan terkesan tanpa perikemanusiaan. Seorang penjaga pasien pernah menceriterakan betapa dia terkesan bahwa rumah sakit terlalu kejam. “Bayangkan bu “ katanya kepada isteri saya, “ Ketika adik saya habis di kemoterapi dan ternyata pembayarannya melebihi persediaan uang yang dibawa maka pihak rumah sakit seperti memaksa kami i mencari uang dan segera membayarnya” Ia lalu menceriterakan bagaimana ia kelabakan untuk mendapatkan uang sekitar 20 juta rupiah, mau minta dikirimi dari Indonesia, hari itu hari Sabtu dimana tidak ada bank yang terbuka. “Tapi sebelum pengobatan kan sudah dikonsultasikan tentang biaya yang harus disiapkan ?” kataku menimpali.” Memang pak, tapi kan kami sudah terlanjur ada disini dengan dana yang diperkirakan cukup sesuai informasi yang kami peroleh di Jakarta, tetapi nyatanya tidak cukup “ katanya seakan mengeluh. Adiknya yang merupakan pasien duduk lemas tak bertenaga disisinya.”Jadi bagaimana jalan keluarnya” tanyaku ingin tahu. Lalu ia menceriterakan bahwa untung ada seorang dokter di rumah sakit itu yang percaya dan bersedia menjamin sehingga pengobatan itu bisa dilanjutkan. “Kami kesini juga pas-pasan dananya, kami kesini setelah menjual mobil Kijang dan ada anak yang mau membantu membiayai pengobatan ini” kata isteriku. Lalu dengan bangga isteriku menceriterakan bahwa anaknya ada dua orang semua di luar negeri satu bekerja di perusahaan minyak  Oman dan yang satunya lagi seorang dosen PNS yang mendapat bea siswa Muoumombusho ke Jepang.”Tetapi yang di Oman itu yang mengirim uang karena gajinya gede’ kalau yang PNS yah tidak bisa karena gaji dan bea siswanya terbatas” kata isteriku menambahkan. “ Tetapi yang di Jepang itu sudah berusaha membesuk ibunya ketika di rawat pertama kali di rumah sakit Guangzou dan dia juga sudah membelikan tiket pulang pergi Ujung Pandang-Matsuyama untuk kami berdua di bulan Maret yang akan datang sepulang dari Cina“ tambahku. Memang isteriku ini sangatlah bersemangat kalau berbicara menyangkut anak-anaknya.  Dari pembicaraan selanjutnya kami dapat mengetahui bahwa rupanya gadis itu ditugasi mengantar adiknya berobat dan dia juga seorang pegawai bank Swasta di Jakarta, dia telah tiga minggu izin dari kantornya dan harus segera kembali bekerja.
Pengobatan pada kedatangan pertama berupa Jero yakni pengobatan yang dilakukan dengan memasukkan obat pada urat darah yang terletak di bagian lipatan paha dan bagian itu ditindis dengan benda berbentuk kantong pasir yang beratnya kira-kira dua kg. Selanjutnya dimasukkan cairan obat kemo selama tiga hari berturut-turut melalui pembuluh darah di bagian tangan. Saya merasa kasihan kepada isteri kalau akan ditusuk jarum karena susah sekali mencari urat darah yang utuh lagi. Hampir seluruh urat darah yang ada di tangan sudah pernah ditusuk jarum ketika menjalani kemoterapi di Makassar. Pengobatan juga dilakukan dengan menanam 30 puluh partikel radio aktif di bagian leher untuk menghilangkan tumor berupa benjolan yang ada disitu. Pemasangan partikel ini dilakukan di sebuah ruang khusus dimana setiap orang yang masuk kesitu harus memakai pakaian khusus pula yang menyerupai pakaian astronaut kalau masuk kesitu. Total biaya yang dikeluarkan meliputi biaya menginap selama 21 hari, harga obat,  harga tiket untuk dua orang pp, biaya jero dan kemo (lebih dari 20 juta ) , biaya pemasangan partikel ( 30 iuta ) dan ongkos kebutuhan sehari-hari pada kedatangan pertama ini yang kalau dijumlahkan semuanya lebih dari 130 juta rupiah. Dalam pemeriksaan laboratorium ternyata isteri saya juga sudah menderita diabetes walaupun belum terlalu tinggi gula darahnya.
Salah satu kegiatan yang dilaksanakan di rumah sakit ini ialah rekreasi bagi pasien dan penjaganya pada hari-hari tertentu. Dua hari sebelum kegiatan dilaksanakan diadakan pendaftaran bagi pasien yang mau ikut ( tentunya atas izin dokter ) dan penjaganya, tempat yang akan dituju juga disebarkan lewat papan pengumuman. Tempat-tempat yang dituju adalah mall-mal , museum , kuil-kuil , istana-istana kuno atau tempat-tempat tujuan wisata lainnya di kota Guangzhou. Pada rekreasi yang diadakan pada kunjungan kami yang pertama kebetulan anak yang kuliah di Jepang datang berkunjung, sehingga diapun dapat ikut bersama. Yang dikunjungi adalah pusat perbelanjaan …………….terbesar di Guangzhou. Disini kami berkeliling melihat-lihat barang yang dijual di kios-kios pada lantai sat u dan dua .Harganya lebih murah disbanding harga-harga di Indonesia.Di tempat ini juga terdapat penjual Fizza hut yang merupakan makanan kegemaran  isteriku. Kami menyempatkan diri untuk makan siang disini karena dari daftar menunya kami percaya bahwa makanannya cukup halal untuk kami makan. Tidak jauh dari pusat perbelanjaan itu ternyata terdapat juga Carrefour yang penampilannya tidak Jauh berbeda dengan yang ada di Indonesia. Rupanya perusahaan-perusahaan kelas dunia dari benua Eropah itu juga telah merambah jauh ke daratan Cina.Di kota ini cukup banyak ritel-ritel perusahaan Carrepour, Fizza Hut, KFC dan perusahaan barat lainnya seperti Macdonald, Fizza Papa John dan lain-lain. Kelihatannya situasi kota hampir sama saja dengan kota-kota yang ada di Indonesia atau kota-kota yang ada di Eropa.
Setelah 24 hari tinggal di rumah sakit  maka kami diizinkan untuk pulang ke Indonesia dengan ketentuan balik lagi dua minggu kemudian.
Kedatangan yang kedua tidak terlalu berbeda. Kami mengurus visa untuk dua kali berkunjung (doble visit ). Pembayaran agak lebih murah dibanding kalau visa untuk kunjungan sekali. Kala itu tanggal  25 januari  2012 kami berangkat dengan pesawat Garuda karena Batavia Airlines belum menerbangkan pesawatnya ke Guangzhou berhubung pegawainya masih  libur tahun baru Cina. Pengobatan berjalan terus, isteri saya harus dijero dan dikemo termasuk dipasangi lagi 20 partikel karena ternyata muncul lagi tumor baru didekat tumor yang sudah dipasangi partikel. Hilang semangat saya ketika dokter menyatakan itu dalam konsultasi awal setelah diadakan pemeriksaan lengkap bahwa harus dipasangi lagi partikel 20 biji partikel dengan  biaya lebih dari 20 juta rupiah, disamping biaya jero dan kemo yang lebih dari 21 juta  dalam rupiah. Sudah menjadi ketentuan disini bahwa sebelum pengobatan dilanjutkan diadakan konsultasi awal utamanya tentang biaya, kalau ybs mampu menanggung biayanya pengobatan dilanjutkan. Kalau tidak yah bersiap-siap kembali tanpa diobati. Yang cukup mengejutkan karena dokter menemukan bahwa ada gejala bahwa kanker sudah menjalar ke bagian hati. “ Tapi itu belum pasti karena masih meragukan, jadi belum dilakukan pengobatan kearah situ “ kata dokter sedikit menghibur Saya menyetujui saja biaya yang disebutkan sehingga biaya pada kedatangan kedua ini hampir 100 juta rupiah. Pengobatan kali kedua ini dijalani hanya 12 hari. Tanggal 7 – 2 – 2012 kami balik lagi ke Jakarta untuk selanjutnya ke Makassar.
Tiba di Makassar kembali lagi memutar  otak untuk mendapatkan dana yang akan dipakai pada kedatangan ketiga. Terfikir untuk menjual lagi mobil Avansa yang merupakan mobil andalan kami, guna memenuhi kebutuhan yang diperkirakan sekitar 100 juta lagi. “ Jangan dijual lagi mobil kita, itukan tinggal satu-satunya mobil yang kita miliki , apa mau jalan kaki setiap hari ? dan itukan mobil si Fitti?. Malu  kita kepada tetangga dan orang-orang sekitar”. Kata isteriku keberatan, walaupun si Fitti putri kami yang belajar di Jepang itu sudah memberi sinyal persetujuan  untuk mengorbankan mobil yang telah dipakainya sehari-hari pergi member kuliah dulu sebelum ke Jepang. “ Saya kan masih dua tahun lagi di Jepang, mungkin kalau pulang siapa tahu bisa membeli mobil yang lain lagi” kata  Fitti pada salah satu pembicaraan telpon denganku. Tidak putus harapan, saya hubungi si Fadli anak yang di Oman tentang persoalan dana ini. “Begini pak, kalau ada dana yang bisa dipakai dulu dan bisa dibayar perbulan lebih baik itu yang diurus, nanti saya tambah uang belanja bulanan untuk menutupinya” katanya dari balik telpon. Memang setiap bulan dia mengirimkan ibunya uang belanja bulanan minimal satu juta. Teringatlah saya bahwa pensiunan dapat mengurus kredit dari bank yang bisa dibayar perbulan selama beberapa tahun. Sebenarnya Kartu Tanda Pensiun dan SK asli pensiunku dan tanda pensiun serta SK asli isteriku masih tersimpan di bank sebagai jaminan  karena kami telah mengambil pinjaman bank sekitar dua tahun yang lalu ketika membeli mobil Avansa itu. Tetapi saya teringat bahwa pinjaman di bank biasanya bisa diperbaharui lagi kalau kita membutuhkan dana lagi. Singkat ceritera saya mengurus pembaharuan dana pinjaman di BRI  dan isteri di Bank BPD sesuai tempat penerimaan pensiun masing-masing sehingga bisa mendapatkan dana lebih dari 70 juta rupiah ditambah dana tambahan dari penjualan tanah kapling ibu mertua sekitar 30 juta rupiah, terkumpullah dana lebih dari 100 juta rupiah dalam buku tabungan BNI.
Pengalaman kami dalam menabung di bank sangat mudah untuk mengambilnya kembali melalui ATM dimana saja termasuk di Cina walaupun disana yang tertarik adalah mata uang yuan sehingga tidak perlu membawa uang kontan dalam jumlah besar untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.
Tanggal  17 Pebruari 2012  berangkat lagi ke Jakarta dan seterusnya menuju Guangzou dengan Batavia airlines. Perjalanan tidak mengalami hambatan sama sekali karena sudah untuk ketiga kalinya kami ke berobat kesini.
 Pemeriksaan awal berlangsung lagi yang dilanjutkan dengan konsultasi. Dalam konsultasi,  dokter menyampaikan bahwa ternyata obat kemo  yang diberikan pada dua kali kunjungan yang lalu tidak begitu efektif sehingga harus diganti dengan obat kemo yang lebih modern lagi. “ Berapa biaya yang harus disiapkan” Tanya saya ketika itu. “ KIra-kira 120 juta lagi termasuk biaya rumah sakit” kata penerjamah menyampaikan apa yang disampaikan oleh dokter. Seperti disambar gledek saya waktu itu, menging at persediaan uang kami tidak mencukupi jumlahnya. “Apakah tidak bisa dilanjutkan saja seperti yang lalu, karena persediaan dana kami tidak cukup dan apakah dengan obat yang modern itu dapat menjamin penyakit isteri saya bisa sembuh? “ Tanya saya. Dari hasil pembicaraan itu bisa disimpul an bahwa obat yang dulu itu dapat saja dilanjutkan hanya efeknya tidak terlalu nampak kemajuannya dan penggunaan obat yang baru juga dokter tidak bisa menjamin 100 % karena nanti dilihat hasilnya  setelah dicek kembali setelah digunakan. “ Saya minta pertimbangan isteri dan anak lebih dahulu sebelum memberi keputusan. Insya Allah besok pagi saya sampaikan” kata saya mengakhiri konsultasi.
Hasil pembicaraan dengan dokter saya sampaikan kepada isteri  dan  kepada anak yang tertua malam itu juga dan kami mengambil keputusan untuk melanjutkan pengobatan yang lalu saja karena dokter juga  tidak memberikan keyakinan sepenuhnya terhadap keberhasilan yang dicapai jika menggunakan obet modern yang jauh lebih mahal.
Hal ini mengingatkan kepada pengalaman salah seorang pasien dari Surabaya, seorang kapten angkatan Laut. Dia menceriterakan bahwa dia menderita kanker kolon dan telah dirawat lebih dahulu dari isteri saya. Pada pertemuan pertama dia sudah menyampaikan kepada dokter agar  diberikan obat yang terbaik karena dia tidak bisa terlalu lama pulang balik. “Saya kesini dengan biaya pas-pas an , itupun diperoleh dengan menjual rumah yang ada di Jakarta. Jadi tolonglah diberikan obat yang terbaik walaupun agak mahal” katanya kepada dokter waktu konsultasi yang pertama. Tetapi setelah pulang balik selama tiga kali ternyata pada kunjungan yang keempat hasil USG menunjukkan bahwa tumor kolon nya hanya turun 0,5 cm dan harus mengalami pemasangan partikel 40 buah. “ Saya kesini bukan memakai daun mangga tetapi uang, dokter, sudah habis-habisan ini.  Kenapa tidak dari awal dilaksanakan seperti itu ? “ katanya. Isteri kapten itu seorang dokter juga di Indonesia yang tahu juga perkembangan pengobatan suaminya. Dia menceriterakan bahwa mungkin dia dan suaminya akan pulang saja. “ Bagaimana pengalaman ibu setelah dipasangi partikel ?” , dia bertanya kepada isteriku. “Menurut pengalaman saya, pemasangan partikel cukup berhasil karena dua tumor yang berada disekitar leher itu sudah hilang, walaupun tangan kanan saya ini belum mengecil “ kata isteriku sambil memperlihatkan lengannya kepada isteri sang kapten. Ternyata keterangan ini dapat mengubah fikiran mereka karena sang kapten bersedia untuk dipasangi partikel.
Sudah menjadi kebiasaan, rumah sakit merayakan ulang tahun pasien yang sementara dirawat. Isteri saya lahir tanggal 22 Pebruari 1952 sehingga pada tanggal itu ulang tahunnya dirayakan  dengan pemotongan kue tar yang disiapkan oleh rumah sakit dan dihadiri oleh beberapa dokter dan perawat di dalam kamar 833 yang ditempati. Surprise juga karena selama ini ulang tahun isteriku tidak pernah dirayakan. Ulang tahun yang ke 60 sangat berkesan apalagi dirayakan di luar negeri.    
Pengobatan ketiga tidak berlangsung lama karena seminggu kemudian sehari sesudah dikemo terakhir kami sudah pamit untuk kembali ke Indonesia. Dalam keterangan pengobatan yang diberikan oleh dokter, kami masih disuruh datang lagi dua minggu kemudian untuk melanjutkan pengobatan, tapi kami sudah sepakat  mengakhiri saja pengobatan di rumah sakit modern Guangzhou karena ketidak mampuan biaya dan merasa bahwa pengobatan itu tidak terlalu membawa hasil yang maksimal.
Menurut aturan rumah sakit ini, bagi penjaga pasien yang sudah datang dua kali diberikan kesempatan mengecek lengkap juga kesehatannya. Saya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dan ikut mendaftar untuk diperiksa. Hasil  pemeriksaan lengkap tidak bisa dilihat hasilnya karena pada hari minggu dua hari setelah  pemeriksaan kami telah menuju ke air port Baiyun untuk kembali ke tanah air. Isteriku naik pesawat dengan bantuan kursi roda, kelihatannya dia amat lemah karena pengaruh obat kemo masih sangat terasa. Pesawatpun tinggal landas membubung tinggi meninggalkan tanah Cina, meninggalkan pula segala harapan yang begitu menggelora namun tidak tercapai. Selamat tinggal kota Guangzhou yang penuh kenangan.

20 komentar:

  1. jadi bagaimana sekarang kondisi ibunya? apakah sudah sembuh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamu'alaikum. Salam kenal pak.

      Saya baru sehari pulang dari RSK Dharmais Setelah pengangkatan payudara kiri dan kelenjar getah bening di ketiak. Saya mendobeli pengobatan saya dengan herbal Cina juga, tapi saya tidak jauh-jauh ke Guangzhou. Sinshe saya di Jawa saja tapi berdarah Cina Guangzhou. Herbal itu dimakan, kemudian pasien ditotok syaraf tiap minggu. Alhamdulillah kanker saya tidak menyebar selain ke kelenjar getah bening ketiak, dan bisa ditahan di stadium III-B meski tumornya yang sudah sangat besar itu pecah. Kata dokter saya kemarin, kanker saya sangat ganas tidak bisa terangkat semua, sisanya 2% lagi akan ditembak dengan radiasi atau kemoterapi lanjutan lagi setahun.

      Saya optimis akan sembuh di DHARMAIS saja dikolaborasikan dengan pengobatan sinshe. Salam sejahtera!

      Hapus
    2. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  3. halo, boleh tahu kondisi pasiennya sekrg gimana kak?
    Kemarin ada sodaraku ke kantor perwakilannya juga buat nanya2, ktny so far orgnya ok sih, dia kontek ke Ibu Sila (0812 8616 5200) ktny.. memang yang disarankan tanpa operasi dan tanpa kemo ya? harga yang dikasih juga masih termasuk reasonable menurutku, tp masih bingung jadi mau ke sana atau ngga,, lg liat2.. kl ada yang pny pengalaman lain di sana, tlg dishare yaa

    BalasHapus
  4. alo apakah ad no wa yg bsa dihub?saya mau sharing jg.tq

    BalasHapus
  5. Nama saya, jayachandra fadhlan
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk menipu orang. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN Eksotis. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. karina bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakan demikian. tahu tentang perusahaan mode. Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi Ibu karina melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (312) 8721- 592 Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan sejahtera.

    BalasHapus
  6. Selamat siang pak / nyonya

    Kami menyambut Anda ke PERUSAHAAN PINJAMAN ELIZEBETH ISAAC, di mana kami memberikan pinjaman asli dan serius seperti:



    LAYANAN PINJAMAN TERSEDIA TERMASUK:
    ================================
    * Pinjaman Komersial.
    * Pinjaman pribadi.
    * Pinjaman Bisnis.
    * Pinjaman Investasi.
    * Pinjaman Pembangunan.
    * Pinjaman Akuisisi.
    * Pinjaman konstruksi.
    * Pinjaman Kartu Kredit
    * Pinjaman Konsolidasi Utang
    * Pinjaman bisnis dan lainnya:

    Kami memberikan pinjaman bunga 2% tanpa agunan, sehingga kami dapat mengatakan bahwa kami memberikan PINJAMAN TANPA Agunan, Anda tidak perlu merasa buruk atau kecewa dengan bank yang meminta agunan, cukup hubungi kami dengan mengirim email kepada kami di:

    elizebethisaac@gmail.com

    Terima kasih

    kami menunggu untuk mendengar dari Anda segera

    BalasHapus
  7. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    BalasHapus
  8. Semua terima kasih kepada mrs KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya selepas ditangkap oleh orang-orang palsu yang kerang menjadi peminjam pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di bandar Johannesburg. Suatu bulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman dalam talian dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeza di internet dan saya memohon dari mereka dan semua saya mendapat adalah penipu saya menggunakan lebih daripada 2 syarikat dan saya ditipu semua melalui. Jadi saya berputus asa sehingga saya memutuskan untuk memeriksa lagi jika saya akan mencari bantuan seperti yang saya cari dan saya menetap untuk mencari syarikat pinjaman legit saya jumpa syarikat ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY saya melihat banyak testimoni yang dimaklumkan oleh orang dia tetapi kerana saya ditipu secara serentak saya fikir ia adalah penipuan tetapi saya melakukan apa yang saya diminta lakukan dan saya menunggu untuk pinjaman saya dan Puan KARINA ROLAND memberitahu saya dalam masa kurang dari 24 jam anda dengan pinjaman saya dengan selamat saya tidak percaya sebab saya fikir ia juga satu penipuan sehingga hari itu adalah waktu malam di Afrika Selatan dan saya tidur pagi esok ketika saya bangun saya menerima amaran dari akaun bank saya dan segera saya memanggil pengurus bank saya untuk mengesahkan dan pengurus bank memberitahu saya untuk datang ke bank dengan serta-merta dan saya pergi dengan serta-merta ketika saya sampai di sana pengurus bank memeriksa akaun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yang Dolar Amerika Syarikat dan saya menjelaskan kepada pengurus saya bahawa saya memohon pinjaman dalam talian dan bank saya pengurus terkejut jika ada masih sebuah syarikat pinjaman sebenar dan legit online saya sangat gembira semua terima kasih kepada MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet kerana saya melihat orang lain melakukannya dan memberi keterangan tentang syarikat ini sebabnya saya menghantar mesej ini secara online kepada sesiapa sahaja yang memerlukan pinjaman walaupun anda telah ditipu sebelum memohon dari syarikat ini dan yakinlah bahawa syarikat ini tidak akan membiarkan anda turun. Salam kepada sesiapa sahaja yang membaca mesej saya dan anda boleh menghubungi syarikat ini melalui pos (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp sahaja +13128721592, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, anda boleh menghubungi saya juga untuk lebih lanjut maklumat ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  9. Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang menabrak karena hutang.

    Ketika saya mencari perusahaan pinjaman swasta yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lain dan nama perusahaan itu THE WORLD LOAN COMPANY. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Ya Tuhan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman itu, memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan yang dapat dipercaya di mana Mrs. Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu penipuan yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa jaminan

    Saya sangat senang bahwa Tuhan menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan fashion.

    Jadi saya sarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk dihubungi
    ibu christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (lianmeylady@gmail.com) dan Sety memperkenalkan dan berbicara tentang christabel, dia juga mendapat pinjaman baru dari christabel, Anda juga dapat menghubungi dia melalui emailnya: permatabudiwati@gmail.com Sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba memenuhi pembayaran pinjaman yang saya kirim langsung ke akun mereka setiap bulan.

    Sepatah kata untuk orang bijak sudah cukup

    Terima kasih sekali lagi untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang serta kehidupan yang makmur dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.
    Ibu yang baik Christabel Missan What'sApp nomor +15614916019
    Anda juga dapat mengontrak ibu: facebook Facebook: christabelmissancompany@gmail.com
    Nomor WhatsApp +15614916019
    email: christabelloancompany@gmail.com

    BalasHapus
  10. Semua terima kasih kepada Ny. KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang telah menjadi peminjam pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan semua yang saya dapatkan adalah scammer. Saya melamar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya menyerah harapan sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya mencari dan saya memutuskan untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang tentang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu scam tapi saya melakukan apa yang saya diminta untuk lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND mengatakan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam waktu Anda dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur di pagi hari berikutnya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk konfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127.000,00 USD yang merupakan Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya Manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah secara online saya sangat senang semua berkat MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  11. Salam semuanya !!


    Saya hanya memiliki kesaksian singkat untuk dibagikan kepada Anda semua.

    Nama saya Endang Shut dari Indonesia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya mengalami kesulitan keuangan, dan dalam keputus-asaan, saya ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai seorang teman merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs. REBACCA ALMA yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp.950.000.000 Sembilan Ratus lima puluh Juta dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau kesulitan, Semuanya berjalan dengan baik dan lancar dengan tingkat bunga hanya 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya ajukan dikirim langsung ke akun saya tanpa penundaan atau ketidaknyamanan. Karena saya berjanji kepadanya bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman yang dapat diandalkan dalam bentuk apa pun, silakan hubungi dia melalui email langsungnya: rebaccaalmaloancompany@gmail.com


    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email endangshut2@gmail.com saya.

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan yang merupakan pembayaran cicilan bulanan. Saya berharap Anda juga menghubungi REBECCA ALMA LOAN COMPANY. Tuhan memberkati kalian semua

    BalasHapus
  12. semua berkat MRS KARINA ROLAND
    Nama saya ANNISA LOGAN, saya dari Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman di internet bahwa mereka harus sangat hati-hati karena internet penuh dengan penipu, beberapa bulan yang lalu saya benar-benar membutuhkan pinjaman, untuk meningkatkan saloon penata rambut saya, tetapi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, yang hampir mengacaukan hidup saya, sampai seorang teman merujuk saya ke salah satu pemberi pinjaman bernama MOTHER KARINA, pemilik KARINA ROLAND LOAN COMPANY, yang saya hubungi dan dia mengatakan kepada saya bahwa jika saya dapat memenuhi syarat dan ketentuan mereka bahwa pinjaman saya akan diberikan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam yang saya lakukan, setelah itu saya mengajukan pinjaman sebesar 450 juta rupiah setelah detail saya diverifikasi dalam waktu kurang dari 24 jam, rekening bank saya dikreditkan. sekarang saya sangat senang atas kerja baik MOTHER KARINA dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya tentang MOTHER KARINA, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman dalam bentuk apa pun, silakan hubungi MOTHER KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com, atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478 Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: annisalogan622gan@gmail.com untuk pekerjaan baiknya dalam hidup saya dan keluarga saya.

    BalasHapus
  13. Saya senang dan bersyukur saya mendapat pinjaman Rp200.000.000. Apakah Anda seorang pria atau wanita dan Anda telah mencari pinjaman, dan Anda telah ditolak oleh bank Anda. Saya ingin memberi tahu Anda hari ini bahwa Anda dapat memperoleh pinjaman dari perusahaan online terbaik dan Anda tidak perlu mengisi banyak dokumen juga, mereka juga memiliki tingkat bunga yang baik. Saya dikenalkan dengan PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND oleh seorang teman yang telah mendapatkan pinjaman dari mereka, saya membutuhkan uang tunai dan saya mengunjungi bank saya dan mereka mengatakan kepada saya bahwa saya tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman karena kredit buruk. Saya senang sekarang karena saya dapat mendirikan bisnis besar yang saya impikan. Pembayaran saya akan segera dimulai. Berhentilah membuang waktu Anda dengan semua pemberi pinjaman di luar sana dan kunjungi PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND untuk mendapatkan dana pinjaman Anda. Anda dapat menghubungi mereka melalui EMAIL ATAU WHATSAPP karinarolandloancompany@gmail.com +15857083478

    BalasHapus
  14. ANNIKA AMAHLE
    Semua terima kasih kepada Ny. KARINA ROLAND untuk membantu saya dengan pinjaman saya setelah ditipu oleh orang-orang palsu yang telah menjadi peminjam pinjaman.
    Nama saya Annika amahle mokoena, saya dari Afrika Selatan dan saya tinggal di kota Johannesburg. Sebulan yang lalu saya sedang mencari pinjaman online dan saya melihat pemberi pinjaman pinjaman yang berbeda di internet dan saya melamar dari mereka dan semua yang saya dapatkan adalah scammers, saya melamar lebih dari 2 perusahaan dan saya ditipu sepanjang waktu. Jadi saya menyerah harapan sampai saya memutuskan untuk memeriksa lagi apakah saya akan menemukan bantuan ketika saya mencari dan saya memutuskan untuk mencari perusahaan pinjaman yang sah. Saya menemukan perusahaan ini bernama KARINA ROLAND LOAN COMPANY. Saya melihat banyak kesaksian yang dikomentari orang tentang dia tetapi karena saya ditipu beberapa kali saya pikir itu scam tapi saya melakukan apa yang saya diminta untuk lakukan dan saya menunggu pinjaman saya dan Nyonya KARINA ROLAND mengatakan kepada saya dalam waktu kurang dari 24 jam waktu Anda dengan pinjaman saya dengan aman saya tidak percaya Karena saya pikir itu juga scam sehingga hari itu malam hari di Afrika Selatan dan saya tidur di pagi hari berikutnya ketika saya bangun saya menerima peringatan dari rekening bank saya dan segera saya menelepon manajer bank saya untuk konfirmasi dan manajer bank mengatakan kepada saya untuk segera datang ke bank dan saya segera pergi begitu saya tiba di sana manajer bank memeriksa akun saya dan melihat sejumlah $ 127,000.00 USD yang merupakan Dolar Amerika Serikat dan saya menjelaskan kepada manajer saya bahwa saya mengajukan pinjaman online dan bank saya Manajer terkejut jika ada masih perusahaan pinjaman nyata dan sah secara online saya sangat senang semua berkat MRS KARINA ROLAND saya memutuskan untuk menulis di internet karena saya melihat orang lain melakukannya dan bersaksi tentang perusahaan ini itu sebabnya saya memposting pesan ini secara online kepada siapa pun yang membutuhkan pinjaman bahkan jika Anda telah ditipu sebelum mengajukan permohonan dari perusahaan ini dan yakinlah bahwa perusahaan ini tidak akan mengecewakan Anda. Salam kepada siapa pun yang membaca pesan saya dan Anda dapat menghubungi perusahaan ini melalui surat (karinarolandloancompany@gmail.com) atau whatsapp hanya +1 (585) 708-3478, Sekali lagi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membaca kesaksian ini, Anda dapat menghubungi saya juga untuk informasi lebih lanjut ..... annikaamahlemokoena@gmail.com

    BalasHapus
  15. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  16. KESAKSIAN TENTANG BAGAIMANA SAYA MENDAPAT PINJAMAN DARI PERUSAHAAN KEUANGAN ASLI MINGGU TERAKHIR. Email untuk tanggapan segera: Whatsapp +19292227023 drbenjaminfinance@gmail.com

    Saya Nyonya, Leores J Miguel dengan nama, Saya tinggal di Amerika Serikat, yang telah menjadi korban penipuan begitu banyak pemberi pinjaman palsu secara online antara November tahun lalu hingga Juli tahun ini, tetapi saya sangat berterima kasih kepada pencipta saya sehingga dia akhirnya tersenyum pada saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman baru ini yang membuat saya tersenyum di tahun 2020 ini dan dia tidak menipu saya dan juga dengan tidak menipu atau membohongi saya dan teman-teman saya tetapi bagaimanapun perusahaan pemberi pinjaman ini adalah BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE (drbenjaminfinance@gmail.com) memberi saya pinjaman 2% yang jumlahnya $900.000,00 dolar Amerika Serikat setelah saya menyetujui syarat dan ketentuan perusahaan mereka dan satu hal penting yang saya sukai dari perusahaan pinjaman ini adalah mereka cepat dan unik. {Dr.Benjamin Scarlet Owen} juga dapat membantu Anda dengan penawaran pinjaman yang sah. Dia juga membantu beberapa rekan saya yang lain. Jika Anda membutuhkan pinjaman asli tanpa biaya / tekanan, dia adalah pemberi pinjaman yang tepat untuk menghapus masalah dan krisis keuangan Anda hari ini. BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE menyimpan semua informasi tentang cara mendapatkan uang dengan cepat dan tanpa rasa sakit melalui Whatsapp +19292227023 Email: drbenjaminfinance@gmail.com

    Ketika datang ke krisis keuangan dan pinjaman maka BENJAMIN PINJAMIN LOAN INVESTMENTS FINANCE adalah tempat yang harus dituju tolong katakan padanya Saya Ny. Leores Miguel mengarahkan Anda Semoga Sukses

    BalasHapus